Forgive

“Let us forgive each other, only then we will live in peace” Leo Nikolaevich Tolstoy

      Siapa dari kita yang tidak pernah berbuat salah? Ya, setiap orang pasti pernah berbuat salah. Jika kita berbuat salah kita meminta maaf, begitu juga sebaliknya ada orang yang berbuat salah pada kita, dia juga meminta maaf kepada kita. Tapi pernahkah ada orang yang sangat menyakiti hati kita, namun sampai saat ini kita masih belum bisa memaafkan orang tersebut?

      Dulu saya juga pernah mengalaminya, bener-bener marah hingga sampai berbulan-bulan belum bisa memaafkan orang tersebut. Setiap harinya selalu terlintas dipikiran saya mengenai kesalahan orang itu, kedamaian tidak ada dalam diri saya, rasa marah, kesal, sakit hati seakan-akan tidak pernah berhenti menghantui pikiran dan hati saya. Pada saat itu, saya tahu rasa marah itu salah, karena kita sebagai manusia dituntut harus bisa saling memaafkan. Di jauh dalam lubuk hati saya, saya mau keluar dari keadaan ini. Saya mau memaafkan orang tersebut dan melupakan semuanya. Namun semuanya terasa sangat berat sekali, masih tersisa rasa sakit hati yang kapan saja bisa muncul.

      Yang satu-satunya bisa saya lakukan pada saat itu hanyalah berdoa, minta kepada Tuhan untuk memberikan saya hati yang ikhlas dan tulus untuk bisa memaafkan orang tersebut. Karena saya merasa dengan kekuatan saya sendiri saya tidak mampu untuk bisa memaafkan orang itu, sehingga saya mohon diberi kekuatan dari Tuhan. Dan saya juga berjanji kepada diri saya sendiri, suatu saat nanti saya pasti bisa memaafkan orang tersebut.

    Seperti halnya ketika kita sakit dan terluka, semuanya butuh Waktu untuk penyembuhan. Sekitar beberapa bulan kemudian, saya pelan-pelan sudah bisa melupakan sedikit demi sedikit rasa sakit hati saya. Pada akhirnya saya pun bisa tulus memaafkan orang tersebut. Saya terbebas dari rasa sakit hati, marah, kesal dan satu hal yang bener-bener bisa saya rasakan pada saat itu hanyalah KEDAMAIAN HATI. Hati ini benar-benar rasanya damai sekali, sedikit rasa benci dan marahpun tidak ada. Saya sadar pada saat itu kuasa dan kekuatan Tuhanlah yang telah menuntun saya untuk bisa memaafkan.

“When you forgive, you love. And when you love, God’s light shines upon you.”  Jon Krakauer

     Mungkin banyak dari kalian yang juga mengalami hal yang sama. Bahkan ada juga kesalahan yang telah dilakukan itu benar-benar sudah terlalu berat, bayangkan saja bagaimana perasaan orang tua yang anaknya dibunuh, apakah mereka dapat dengan mudahnya memaafkan orang yang telah membunuh anaknya? Ya, hal ini merupakan kasus yang berat. Tetapi tetap percayalah jika kita memang mau dengan tulus memaafkan seseorang, namun hal itu terasa mustahil/sangat susah, mintalah kekuatan kepadaNya, kekuatan untuk bisa MEMAAFKAN. Dan tetap bersabarlah, biarlah waktu yang menjawab semuanya.

       Mulailah untuk bisa sering memaafkan orang lain, mulai dari kesalahan-kesalahan kecil hingga perkara yang besar. Karena Bapa yang disurga juga akan memaafkan dosa-dosa kita sama seperti kita memaafkan kesalahan orang lain kepada kita.

To forgive is the highest, most beautiful form of love. In return, you will receive untold peace and happiness” – Robert Muller

_____________________________________________________________________________________________

“Then Peter came and said to him, “Lord, how often shall my brother sin against me, and I forgive him? Until seven times?”; Jesus said to him, “I don’t tell you until seven times, but until seventy times seven.” (Matthew 18:21-22)

“Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: “Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?”; Yesus berkata kepadanya: “Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampau tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali.”

Leave a Reply

Attila Ovari

Loving Life and Inspiring Others

The Happy Guide

Happiness blueprint

You By My Side

- Eat,Love and Travel-

The Great Conversation

Literature, Philosophy, Art, Music, Drama

A "Literal" approach to God's word

If Jesus meant something else, he would have said something else.

thelovemanifesto

Real. Life. Experienced.

THE RIVER WALK

Daily Thoughts and Meditations as we journey together with our Lord.

Book Quotes Hub

Book Quotes - The most amazing and unique quotes from books are being shared here daily

Simple Tom

Some say I was born high. Others say i'm just simple :)

maggiemaeijustsaythis

through the darkness there is light

The Truth Warrior

Empowering and Inspiring people to be fully authentic, loving, happy, peaceful and joyful in their lives.

Evelina Galli

USE THINGS. LOVE PEOPLE. DON'T SWITCH.

The Other I

Just another WordPress.com weblog

HarsH ReaLiTy

A Good Blog is Hard to Find

sneakpeek2013

Interesting Sneak Peeks

Love My Life Right Now

Simplicity, happiness, motivation and inspiration

Looking on the Bright side

" But if we hope for that we see not, then do we with patience wait for it. "Rm..8:25

Fiazku

Kecerdasan Manusia Bodoh

