Tekanan Mencari Kerja

‘Sudah mengirim banyak lamaran tetapi belum juga mendapat pekerjaan? Apakah Anda putus asa?’

      Ya, zaman sekarang kata orang mencari kerja itu gampang- gampang susah. Ada orang yang hanya sekali melamar sudah bisa mendapatkan pekerjaan, ada yang tidak perlu melamar karena sudah ditawari pekerjaan, tetapi ada juga yang harus mengalami dulu jatuh bangun baru mendapat pekerjaan. Ada yang menunggu berbulan-bulan, bahakan sampai hitung tahunan. Ada yang sudah mengikuti berbagai proses tahap seleksi, tetapi belum juga diterima.

      Setiap kali kita mengirim lamaran, pasti tersimpan harapan didalamnya berharap kita bisa mendapat pekerjaan tersebut. Tetapi ketika hasilnya berkata lain, kita mulai dikecewakan. Tekanan yang ditimbulkan dari rasanya ditolak dan kegagalan ini terkadang bisa menimbulkan rasa sedikit putus asa. Jadi merasa ragu akan kemampuan diri sendiri, pelan-pelan merasa kehilangan kepercayaan diri, dan mungkin banyak juga yang memutuskan untuk menyerah.

‘Apakah kita dengan segampang itu menyerah?’

      Jika kita membuka website penyedia lowongan, lowongan pekerjaan begitu banyaknya bahkan sampai ribuan. Bisa dilihat bahwa kesempatan begitu banyak tersedia diluar sana. Kesempatan selalu berputar-putar di depan mata kita. Jadi jangan pernah takut dengan tidak adanya kesempatan. Perlu diketahui bahwa kemampuan seseorang tidak bisa dinilai hanya dari cepat atau tidaknya seseorang mendapat pekerjaan. Belum tentu orang yang butuh waktu lama baru bisa mendapat pekerjaan memiliki kemampuan yang lebih rendah dari orang yang sangat cepat mendapat pekerjaan. Jangan sampai pemikiran seperti ini membuat Anda semakin putus asa, dan ragu akan kemampuan diri sendiri.

      Ada yang sudah sampai tahap akhir penyeleksian tetapi hasilnya gagal juga. Jangan pernah menjadi down, karena bisa saja memang pekerjaan ini bukan jodoh kita, dan terus berusaha mencari yang lain lagi. Ketika kita tidak diterima dalam suatu perusahaan, jangan berpikir bahwa kita ini tidak baik. Mereka tidak menerima kita karena mereka telah menemukan kandidat yang lebih qualified dan lebih baik dari kita. Kita tahu bahwa diluar sana masih banyak orang lain yang lebih hebat dari kita bukan? Jadi jangan pernah berpikir bahwa diri Anda yang tidak baik.

      Kita masing-masing pasti mempunyai kriteria sendiri yang harus dipenuhi dalam menyeleksi lowongan-lowongan yang ada. Apapun kriteria itu, selalu ingatlah kita dituntut untuk jangan pernah takut mencoba. Kita jangan terlalu menghindari sesuatu yang tidak kita suka, terkadang kita menjadi tidak suka akan pekerjaan karena kita merasa kita tidak mampu, kita merasa tidak mempunyai keahlian dibidang itu. Tetapi hal ini kembali lagi ke diri masing-masing setiap orang, apapun itu pekerjaan yang nantinya akan didapatkan, lakukanlah setiap tugas dari pekerjaan tersebut dengan HATI dan bukan karena terpaksa.

      Kita mengirim lamaran, mengikuti berbagai tahap seleksi dan sebaganinya, hasil akhirnya serahkanlah semua kepada Tuhan. Berdoalah selalu, minta kepadaNya untuk diberikan pekerjaan yang memang sesuai dan terbaik untuk kita. Karena jika Tuhan berkehendak kita melakukan pekerjaan itu, pasti kita juga akan diberikan kekuatan dan kemampuan untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut. Bagi yang sampai saat ini masih menunggu kabar, kita memang dituntut harus BERSABAR.

      Percayalah Tuhan pasti memberikan kita pekerjaan yang terbaik, jika memang selama ini sudah mengalami berbagai kegagalan itu berarti pekerjaan-pekerjaan sebelumnya yang dilamar bukan yang terbaik untuk kita. Karena kita tidak pernah tahu apa yang akan pasti terjadi di masa depan, oleh karena itu serahkanlah semua kepadaNya. Jadi tidak ada alasan lagi untuk kita yang sedang berjuang mencari pekerjaan untuk berputus asa, karena sebenarnya kesempatan selalu berputar di sekitar kita, jangan takut untuk mencoba dan ketika waktunya tepat, kita pasti memperolehnya.

Ketika mengalami kegagalan jangan pernah takut untuk bangkit berdiri lagi. Kunci dalam mencari pekerjaan adalah BERDOA, MENCOBA dan BERSABAR. Tetap semangat!

God doesn’t require us to succeed, He only requires that you try.” ― Mother Teresa

_____________________________________________________________________________________________

“For a righteous man falls seven times, and rises up again; but the wicked are overthrown by calamity.” (Proverbs 24:16)

“Sebab tujuh kali orang benar jatuh, namun ia bangkit kembali, tetapi orang fasik akan roboh dalam bencana.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Attila Ovari

Loving Life and Inspiring Others

The Happy Guide

Happiness blueprint

You By My Side

- Eat,Love and Travel-

The Great Conversation

Literature, Philosophy, Art, Music, Drama

A "Literal" approach to God's word

If Jesus meant something else, he would have said something else.

thelovemanifesto

Real. Life. Experienced.

THE RIVER WALK

Daily Thoughts and Meditations as we journey together with our Lord.

Book Quotes Hub

Book Quotes - The most amazing and unique quotes from books are being shared here daily

Simple Tom

Some say I was born high. Others say i'm just simple :)

maggiemaeijustsaythis

through the darkness there is light

The Truth Warrior

Empowering and Inspiring people to be fully authentic, loving, happy, peaceful and joyful in their lives.

Evelina Galli

USE THINGS. LOVE PEOPLE. DON'T SWITCH.

The Other I

Just another WordPress.com weblog

HarsH ReaLiTy

A Good Blog is Hard to Find

sneakpeek2013

Interesting Sneak Peeks

Love My Life Right Now

Simplicity, happiness, motivation and inspiration

Looking on the Bright side

" But if we hope for that we see not, then do we with patience wait for it. "Rm..8:25

Fiazku

Kecerdasan Manusia Bodoh

%d bloggers like this: